Kegiatan Outbound (Ekspedisi Darat) pada Diklat Pembentukan Polhut tahun 2022

Kegiatan Outbound (Ekspedisi Darat) ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Diklat Pembentukan Polhut Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lemdiklat Polri , Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 23 s.d 24 Oktober 2022. Tujuan Kegiatan ini antara lain ialah menyiapkan mental peserta untuk dapat melaksanakan tugas dengan profesional sebagai Polisi Kehutanan. Adapun Lokasi kegiatan dilaksanakan Di Pondok Halimun. Peserta Polisi Kehutanan harus jalan menempuh jarak sejauh 38 KM (PP) dengan berjalan kaki dengan medan yang mendaki dan berbatuan. Peserta juga dibekali beberapa perlengkapan seperti perlengkapan memasak dan berbivak.
Rangkaian acara dibuka oleh Dr. Dwi Januanto Nugroho, S.Hut.,M.B.A (Sekretaris Ditjen Gakkum) tantangan perlindungan dan pengamanan hutan sekarang ini harus mampu menghadapi perkembangan pelanggaran dan kejahatan/ tindak pidana kehutanan yang modusnya semakin beragam. Di sisi lain jumlah SDM Polhut yang kian berkurang karena banyak yang pensiun, sedangkan penambahan Polhut baru hampir tidak ada. Akan tetapi hal itu bukan merupakan hambatan bagi Polhut untuk terus menunaikan tugas mulia. Tantangan yang ada dijadikan cambuk pelecut untuk memperbaiki kualitas diri dan dengan penyegaran ini diharapkan bisa meningkatkan kesamaptaan, keterampilan, serta keahlian dalam pengamanan hutan

Selain itu, dilaksanakannya diklat ini adalah untuk menghasilkan anggota kepolisian kehutanan yang memiliki kemampuan pengamanan, pencegahan, penangkalan dan penindakan non yustisil. Kegiatan ekspedisi darat antara lain merupakan uji ketahanan fisik dan mental kejuangan dan keterampilan Personal Skill yaitu pengembangan diri, kepemimpinan, pemecah masalah, pengendalian diri, membangun sikap optimisi dan kecerdasan individual. Pelaksanaan latihan dalam bentuk Outbound ini berisi bentuk bentuk kegiatan mulai dari Patroli  Jarak Jauh sampai tes uji keterampilan yang dilaksanakan di luar ksatriaan. (DN)