Patroli Bersama Masyarakat Mitra Polhut di Cagar Alam Waigeo Barat

Kegiatan perlindungan dan pengamanan hutan merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan sebagai upaya untuk mencegah dan membatasi ruang gerak tindakan pelaku perusakan kawasan hutan. Sebagai bentuk upaya dalam perlindungan dan pengamanan kawasan hutan, telah dilaksanakan secara rutin yaitu kegiatan patroli kawasan bersama Masyarakat Mitra Polhut.

Warsambim Р12 s.d 18 Oktober 2021- Balai Besar KSDA Papua Barat melaksanakan kegiatan Patroli Pengamanan Teretrial bersama Masyarakat Mitra Polhut.  Personel Patroli terdiri dari 3 (tiga) Orang POLHUT , dan 5 (Lima) orang MMP. Sebelum pelaksanaan Patroli, kegiatan diawali dengan melakukan briefing dan arahan terlebih dahulu untuk melihat kesiapan personel untuk melaksanakan Patroli sesuai target yang telah ditetapkan. Patroli dilaksanakan mulai tanggal 12 s.d 18 Oktober 2021.

Masyarakat Mitra Polhut merupakan mitra dari Balai Besar KSDA Papua Barat dengan tujuan membantu polisi kehutanan dalam melakukan perlindungan dan pengamanan kawasan Cagar Alam. Keberadaan Polhut selama ini tidak sebanding dengan luas wilayah yang harus dilindungi. Karena itu dibentuk MMP yang terdiri dari masyarakat sekitar kawasan. Keterlibatan masyarakat sekitar sangat membantu Polhut BBKSDA Papua Barat dalam melakukan kegiatan patroli, sosialisasi, penyebarluasan informasi mengenai arti penting kawasan.

Patroli dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda 4 dan berjalan kaki, tim patroli menyusuri kawasan Cagar Alam Waigeo Barat dengan berjalan kaki melakukan pengecekan batas dan pemantauan terhadap gangguan keamanan kawasan pada grid yang telah ditentukan, sekaligus mengumpulkan data Spasial dan kondisi fisik. Patroli tersebut dilaksanakan di beberapa kampung seperti Kampung Warsambim, Kampung Sapokren dan Kampung Warkesi.  Seluruh hasil kegiatan patroli tersebut di input pada aplikasi SMART PATROL. (DN)