PENINGKATAN KAPASITAS TIM PATROLI PERLINDUNGAN IKAN DUYUNG (Dugong dugon) DI MISOOL, RAJA AMPAT

Sorong, 08 Maret 2018. Bertempat di Kantor Yayasan Nazaret Papua (YNP) Sorong, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat membawakan materi mengenai konservasi Duyung (Dugong dugon) dan pelatihan penggunaan Global Positioning System (GPS) pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Patroli dan Monitoring Duyung Misool Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh YNP bekerjasama dengan Balai Besar KSDA dan Fauna & Flora International (FFI), diikuti 12 orang anggota tim patroli duyung yang berasal dari 2 kampung yaitu Kampung  Salafen dan Kampung Aduwei Distrik Misool Utara, Kabupaten Raja Ampat.

Dalam materi yang disampaikan, Balai Besar KSDA menyampaikan pentingnya peranan tim patroli dari kedua kampung dalam menjalankan perlindungan terhadap Dugong dugon terkhusus di Misool Utara melihat penyebaran Dugong Dugon semakin berkurang dan populasinya semakin menghampiri kepunahan. Peserta juga diharapkan dapat menguasai penggunaan GPS sebagai alat yang dapat membantu dalam melaksanakan patroli.

Harapannya, tim patroli dari kedua kampung tersebut dapat menjadi perpanjangan tangan Balai Besar KSDA dalam upaya perlindungan dan pelestarian sumber daya alam di dalam dan sekitar kawasan Cagar Alam Misool Selatan. (ANA)

misoole